Ali El-Muntazar Rabbani Bin Priyanto, Mengukir Banyak Prestasi di Primago Hingga Gontor

Ali El-Muntazar Rabbani Bin Priyanto: Santri Berprestasi dari Pesantren Leadership Primago ke Pondok Modern Darussalam Gontor

Rabbi innii u’iidzuhaa bika wa dzurriyyatahaa minasy syaithoonir rajiim..

Ali El-Muntazar Rabbani putra dari Bapak Priyanto adalah nama yang patut dicatat dalam deretan santri berprestasi yang telah menunjukkan kecemerlangan sejak dini. Kini, Ali adalah seorang santri 1B, lalu 2B akselerasi/loncat kelas ke 3B di Pondok Modern Darussalam Gontor Pusat, sebuah institusi pendidikan yang terkenal dengan ketatnya disiplin dan kualitas pendidikan tinggi. Namun, perjalanan Ali menuju Gontor dimulai dari Pesantren Leadership Primago, tempat di mana ia pertama kali menumbuhkan bakat dan semangat belajarnya.

Awal Perjalanan di Pesantren Leadership Primago

Sejak duduk di bangku TK hingga menjadi santri di Pesantren Leadership Primago, Ali sudah menunjukkan bakat dan semangat yang luar biasa dalam belajar. Ia dikenal sebagai anak yang selalu antusias dalam mempelajari hal-hal baru. Bakatnya dalam berbagai bidang segera terlihat, dan ia selalu bersemangat untuk menguasai setiap pengetahuan yang diberikan. Ali adalah seorang santri yang aktif dan memiliki inisiatif tinggi. Ketika diberi amanah atau tanggung jawab, ia selalu menjalankannya dengan penuh kesungguhan dan tanggung jawab.

Sekedar informasi Pesantren Leadership Primago adalah pesantren khusus persiapan masuk Gontor dan pesantren Al Azhar Kairo Mesir. Dimana setamat SD Ali ikut program kelas persiapan masuk Gontor selama setahun di Primago.

Meski hanya setahun, justru di sinilah Ali menemukan tempat untuk mengasah dan menggali potensi skill dirinya. Karena Di Primago, Ali tidak hanya belajar tentang ilmu agama dan akademik, tetapi juga kepemimpinan dan kemandirian.

Program-program di Pesantren Leadership Primago dirancang untuk membentuk santri yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga kuat dalam karakter dan kepemimpinan. Ali memanfaatkan setiap kesempatan yang ada untuk berkembang, baik dalam kegiatan akademik maupun non-akademik.

Prestasi di Pondok Modern Darussalam Gontor

Ketika melanjutkan pendidikan ke Pondok Modern Darussalam Gontor, Ali terus menunjukkan prestasinya yang gemilang. Beberapa pencapaian luar biasa yang berhasil diraih oleh Ali selama di Gontor antara lain:

  1. Juara 1 Lukis Anekdot Antar Maskan 2023: Ali berhasil menunjukkan bakatnya dalam seni lukis, khususnya dalam kategori lukis anekdot. Karya-karyanya tidak hanya menunjukkan keterampilan teknis tetapi juga kemampuan untuk menyampaikan pesan yang mendalam melalui seni.
  2. Juara 1 Public Speaking Contest; English 2023: Keterampilan berbahasa Inggris Ali tidak perlu diragukan lagi. Dalam kontes ini, ia berhasil menampilkan pidato yang memukau, mengalahkan peserta lainnya dan meraih juara pertama.
  3. Juara 1 English Speech Jam’iyyatul Khutoba’ 2024: Kompetisi pidato dalam bahasa Inggris ini adalah salah satu ajang bergengsi di Gontor. Ali tidak hanya berhasil menampilkan pidato yang fasih dan bersemangat tetapi juga mampu menyampaikan pesan yang kuat dan inspiratif.
  4. Best Score Achievement of Class 1 in Jakarta Consulate: Prestasi akademik Ali juga tidak kalah gemilang. Ia berhasil meraih nilai terbaik di kelasnya, menunjukkan dedikasi dan kerja kerasnya dalam belajar. Maka tidak heran di kelasnya saat ini (2B) Ali menduduki absen no. 1 dikelasnya.
    Sekedar informasi, Gontor membuat sistem leveling kualitas kelas berdasarkan abjad yang di awali oleh abjad B dan seterusnya. Dimana kelas B adalah level tertinggi karena anggotanya berhasil mendapatkan nilai akademik diatas rata rata santri pada umumnya.
  5. Finalis Gontor Sains Olympiad – Biologi; Central Campus Contingent: Ketertarikan Ali pada ilmu pengetahuan, khususnya biologi, membawanya menjadi finalis dalam Olimpiade Sains Gontor. Ini adalah pencapaian yang membanggakan, mengingat ketatnya persaingan dalam ajang ini.
  6. Peserta Pinsa Pinru: Ali juga aktif dalam kegiatan kepramukaan, dan terpilih sebagai peserta dalam program Pinsa Pinru, menunjukkan kemampuan kepemimpinannya di bidang kepramukaan.

Ali El-Muntazar Rabbani Bin Priyanto, Mengukir Banyak Prestasi di Primago Hingga Gontor

Hafal Silsilah Nabi Muhammad SAW

Salah satu hal yang sangat menarik dan membedakan Ali dari banyak santri lainnya adalah kemampuannya menghafal silsilah Nabi Muhammad SAW hingga Nabi Adam AS. Kemampuan ini menunjukkan tidak hanya kecerdasan memorinya tetapi juga kecintaan dan kedalaman pengetahuan agamanya. Tidak banyak orang yang mampu menghafal silsilah ini dengan baik, dan pencapaian ini menambah kekaguman banyak orang terhadap Ali.

Keterlibatan Aktif dalam Ekstrakurikuler

Di Pondok Modern Darussalam Gontor, Ali tidak hanya fokus pada akademik tetapi juga aktif dalam berbagai kegiatan ekstrakurikuler. Beberapa ekskul yang diikuti Ali antara lain:

  1. JMK (Jamiatul Khuthoba’ atau Public Speaking Club): Di klub ini, Ali terus mengasah kemampuan berbicara di depan umum. Keterampilannya dalam public speaking semakin terasah melalui berbagai latihan dan kompetisi yang diikutinya.
  2. Istirqo’: Ekskul ini berfokus pada pengembangan keterampilan dalam bahasa Arab. Ali menunjukkan minat yang besar dalam menguasai bahasa Al – Quran ini, memperkaya kemampuannya di bidang linguistik.
  3. Limit (Klub Seni Karikatur): Sebagai anggota klub seni karikatur, Ali terus mengembangkan bakatnya dalam seni lukis, khususnya dalam membuat karikatur. Ini adalah salah satu cara bagi Ali untuk mengekspresikan kreativitasnya dan berkontribusi dalam kegiatan seni di pesantren.

Inspirasi Bagi Remaja Seusianya

Walaupun masih belia dan pencapaiannya masih pada taraf seorang santri, kisah Ali El-Muntazar Rabbani Bin Priyanto adalah inspirasi yang luar biasa bagi remaja seusianya. Dedikasi, semangat, dan kerja keras Ali dalam mengejar ilmu dan mengembangkan bakatnya adalah contoh nyata bagaimana seorang santri bisa mencapai prestasi gemilang dengan usaha dan ketekunan.

Ali telah membuktikan bahwa dengan niat yang baik dan tekad yang kuat, setiap impian bisa diraih. Kisahnya adalah motivasi bagi adik-adik kelasnya di Pesantren Leadership Primago dan bagi semua remaja yang memiliki impian besar. Tidak ada yang tidak mungkin jika kita bersungguh-sungguh dalam berusaha dan selalu bergantung kepada Allah SWT.

Semoga Ali El Mumtaz tidak berpuas diri dalam pencapainnya sebagai santri saat ini dan selalu rendah hati tapi terus memiliki semangat yang tinggi agar bisa lulus dan jadi alumni Gontor harapan masa depan nanti, aamiin YRA.

YouTube
Instagram